Jalan Tol Yogyakarta- Bawen Bakal Punya Ikon Jalan Tol Dalam Terowongan

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Jalan Tol Yogyakarta- Bawen Bakal Punya Ikon Jalan Tol Dalam Terowongan (ilustrasi).
Jalan Tol Yogyakarta- Bawen Bakal Punya Ikon Jalan Tol Dalam Terowongan (ilustrasi). | Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,UNGARAN -- Konstruksi Ruas Tol Yogyakarta- Bawen sepanjang 76,3 kilometer dan terbagi menjadi enam seksi –disebut-- bakal memiliki satu ikon dan menjadi salah satu ciri khas bagi  proyek infrastruktur interkoneksitas nasional ini.

Ciri khas yang dimaksud adalah konstruksi jalan tol yang dibangun di dalam terowongan sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Terowongan tersebut, nantinya akan berada di Seksi 5 Temanggung (Pringsurat)- Ambarawa.

“Tepatnya di Desa Kuwarasan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang,” ungkap Kasubag Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan, Setda Kabupaten Semarang, Zaenal Arifin, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (24/8/2022).

Menurut Zaenal, konstruksi jalan tol dalam terowongan tersebut bakal dibangun karena kontur lokasi dan topografi wilayah yang ada di seksi 5 dan 6 merupakan kawasan yang banyak terdapat  perbukitan.

Baca Juga

Khususnya di Seksi 5 antara Jambu sampai dengan Bedono, di wilayah Desa Kuwarasan. Selain lokasinya yang berada di kawasan lereng perbukitan, juga banyak terdapat bukit yang terlalu tinggi.

Sehingga jika bukit tersebut ‘dibelah’ untuk dibangun konstruksi jalan tol, pertimbangannya akan membentuk tebing akan terlalu tinggi, sehingga sangat riskan dan potensi terhadap terjadinya longsor juga terlalu besar.

“Sehingga rencananya akan ada bukit yang dibor untuk dibuat terowongan sepanjang kurang lebih 1 kilometer bagi pembangunan konstruksi jalan tol Yogyakarta- Bawen ini,” tambah anggota Tim Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Pemkab Semarang ini.

Zaenal juga menyampaikan, Total luas lahan yang akan dikerjakan untuk proyek tol Yogyakarta- Bawen, di wilayah kabupaten semarang mencapai 2.348 bidang lahan.

Berdasarkan data pembebasan lahan untuk keperluan proyek infrastruktur nasional ini, terdapat sejumlah bangunan, maupun fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) masyarakat yang bakal direlokasi.

Seperti bangunan tempat ibadah (masjid), bangunan sekolah serta makam. Khusus untuk bangunan sekolah, ada dua, yaitu di wilayah Desa Kandangan dan Bawen. Sedangkan makam ada tiga.

“Untuk makam masing- masing berada di wilayah Desa/ Kecamatan Bawen, Kelurahan Ngampin, Kecamatan Ambarawa dan Desa Kebondalem, Kecamatan jambu,” tambahnya.

 

Terkait


Tambah Modal, Waskita Karya Segera Rights Issue 8,72 Miliar Saham

Menteri Basuki Ungkap Capaian Kinerja Hingga 2022

Progres Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan

Pembangunan Jalan Tol Cibitung Cilincing Seksi 3 di Tarumajaya

Progres Pembangunan Jalan To Cibitung Cilincing (JTCC) Seksi 4

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark