Lepas Tim Jelajah Energi 2022, Taj Yasin Minta Peserta Kampanyekan EBT

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen (paling kanan) berkesempatan menjajal sepeda motor listrik produk domestik bersama dengan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Soemarno (tengah) dan GM PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Irwansyah Putra, di halaman kantor gubernuran, Semarang, sebelum melepas tim Jelajah Energi Jawa Tengah 2022, Selasa (28/6).
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen (paling kanan) berkesempatan menjajal sepeda motor listrik produk domestik bersama dengan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Soemarno (tengah) dan GM PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Irwansyah Putra, di halaman kantor gubernuran, Semarang, sebelum melepas tim Jelajah Energi Jawa Tengah 2022, Selasa (28/6). | Foto: Republika/Bowo Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Lepas peserta Jelajah Energi Jawa Tengah 2022, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen minta peserta ikut mengampanyekan program transisi energi kepada masyarakat.

Selama mengikuti kegiatan lima hari jelajah energi, wagub ingin agar pemanfaatan sumber energi baru terbarukan (EBT) yang kini terus digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, disampaikan kepada masyarakat.

Sehingga masyarakat akan mendukung program- program  pemanfaatan energi yang lebih ramah lingkungan demi keberlangsungan generasi yang akan datang.

Tidak hanya sebatas di tempat yang dikunjungi, di tempat- tempat  pemberhentian yang di lalui, peserta juga bisa aktif untuk mengampanyekan mengenai pemahaman EBT dan program transisi energi ini.

Baca Juga

"Seperti reat area-- pun, peserta bisa kampanyekan program- program transisi energi ini," ungkap wagub, saat melepas peserta Jelajah Energi Jawa Tengah 2022, di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah, di Semarang, Selasa (28/6/2022).

Wagub ingin masyarakat luas harus mengetahui pengembangan energi baru terbarukan yang tengah digencarkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Karena itu, tim Jelajah Energi Jawa Tengah diminta untuk gencar berkampanye di semua tempat.

Keberhasilan dalam mengembangkan EBT, nantinya akan menambah kesejahteraan masyarakat karena mereka dapat menghemat biaya energi hingga 30 persen. "Di samping itu, prmanfaatan EBT jugadapat menekan dampak kerusakan lingkungan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko menyampaikan, kegiatan jelajah energi ini dilaksanakan untuk mendukung program transisi energi jawa Tengah menuju kedaulatan energi nasional.

Ini mendapat dapat respon baik, terlebih transisi energi juga jadi program dunia. Bahkan Indonesia dipercaya memegang Presidensi Group of 20 (G20) untuk satu tahun ini, yang salah satu semangatnya mendorong transisi energi.

Maka hari ini Prmprov Jawa Tengah menggelar event jelajah energi yang diikuti elemen birokrasi, NGO, akademisi, mahasiswa dewan energi mahasiswa sekaligus juga media massa (nasional/ daerah).

Kegiatan Jelajah Energi Jawa Tengah 2022 yang diinisiasi bersama Institute for Essential Services Reform (IESR) ini akan berlangsung selama empat hari (mulai 28 Juni hingga 1 Juli 2022).

Tim --antara lain-- akan berkunjung dan melihat bagaimana sampah yang dikelola di TPA dapat menjadi energi yang dikonsumsi untuk industri semen atau Refused Derived Fuel (RDF) di Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

Peserta juga akan melihat bagaimana rumah sakit Pertamina di Cilacap memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) untuk pertanian di Kabupatrn Banyumas.

"Semua rangkaian ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan menjadi greget bagi semua pihak, untuk ikut mendukung program transisi energi hingga berhasil di Jawa Tengah," tegasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pemprov Jateng Dorong Terobosan dan Pemanfaatan EBT

Kegembiraan Taj Yasin Terkait Meningkatnya Jumlah Penghafal Alquran di Jateng

Taj Yasin Ingin Daerah Ikut Beri Insentif Pengajar Keagamaan

Wabah PMK, Wagub Jateng Jelaskan Kondisi Hewan Kurban yang Sah

Demi Keamanan dan Keselamatan, Taj Yasin Ingatkan Pemudik Pastikan Kondisi Fisiknya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark