Transjakarta Gandeng UMY Kembangkan Inovasi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Transjakarta Gandeng UMY Kembangkan Inovasi (ilustrasi).
Transjakarta Gandeng UMY Kembangkan Inovasi (ilustrasi). | Foto: Yusuf Assidiq

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Transportasi Jakarta. Penandatanganan ini dilakukan Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto dan Direktur Utama Transjakarta, Yana Aditya.

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto mengatakan, kehadiran pusat riset dan inovasi membuat UMY siap digandeng institusi manapun. Berkolaborasi menciptakan inovasi dan terobosan teknologi sebagai satu satu solusi dari permasalahan masyarakat.

UMY memiliki banyak temuan-temuan yang sudah memiliki hak paten. Maka itu, UMY sangat siap untuk dapat mengembangkan jaringan dengan siapapun guna menciptakan terobosan teknologi yang dibutuhkan masyarakat, termasuk dengan PT Transjakarta.

Terkini, armada Transjakarta sendiri saat ini mulai beralih menggunakan mobil listrik sebagai unitnya. Karenanya, UMY menargetkan kerja sama bidang riset, khususnya riset teknologi kelistrikan mobil yang mulai berkembang di dunia.

Baca Juga

"Saat ini, yang dikejar UMY adalah riset untuk teknologi kelistrikan dari mobil tersebut. Untuk tujuan riset dan pengembangan pendidikan, ke depannya mahasiswa UMY bisa magang di perusahaan ini," kata Gunawan, Selasa (26/7/2022).

Gunawan menegaskan, jaringan merupakan salah satu yang penting bagi kemajuan perguruan tinggi, tidak cuma untuk peningkatan mutu akademik. Sebab, perguruan tinggi akan berkembang dan bergerak maju jika memiliki jaringan luar biasa.

"Di samping sebagai peningkatan mutu akademik, peningkatan atmosfer internasional dan juga social responsibility, ini juga menjadi program yang utama di dalam sistem pemeringkatan perguruan tinggi," ujar Gunawan.

Selain itu, Guru Besar UMY bidang Ilmu Tanah ini mengungkapkan rasa syukurnya atas kerja sama tersebut. Hal ini dikarenakan Direktur Utama Transjakarta kali ini merupakan salah satu alumni UMY. Karenanya, ia merasa ini momen luar biasa.

Apalagi, sosok alumni itu kembali ke UMY dengan membawa kabar bahagia. Menurut Gunawan, penandatanganan kerja sama antara UMY dengan PT Transportasi Jakarta sekaligus menunjukkan kalau UMY bisa lebih berkembang lewat alumninya sendiri.

Dirut Transjakarta, Yana Aditya mengaku senang bisa kembali datang ke UMY. Setelah cukup lama sejak terakhir ke UMY, ia mengakui diakui jika hari ini perkembangan UMY ini sangat pesat, bahkan membuatnya pangling melihat UMY kini.

Yana berpendapat, jika dulu masih banyak mahasiswa UMY yang minder ke perguruan tinggi ternama lain, sekarang bisa dilihat kualitas UMY sudah setara. Selain itu, lulusan-lulusan UMY jadi indikator kemampuan UMY mencetak mahasiswa unggul.

"Kualitas dan perkembangan UMY tidak diragukan lagi, UMY berkembang maju begitu pesat ini juga yang membuat kami tidak ragu melakukan kerja sama dengan UMY," kata Yana.

Untuk itu, ia turut menegaskan, kerja sama yang dijalin ini tidak sebatas simbiosis mutualisme dua instansi. Tapi, juga sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan transportasi di Indonesia agar lebih baik dan lebih maju lagi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Penambahan Jam TransJakarta, Pengamat: Harus Disesuaikan Kebutuhan Penumpang

UMY Buka Kelas Khusus untuk Pengungsi Luar Negeri

UMY Komitmen Beri Beasiswa Pendidikan bagi Rakyat Palestina

Pancasila dan Pentingnya Sinergi Berantas Islamophobia

ICMI Yogyakarta Bersama UMY Teguhkan Komitmen Berantas Islamophobia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark